5 Pantai diLombok Yang Harus Kamu Kunjungi!!

Pantai Mawun, arusnya yang tenang serta perbukitan indah di sekelilingnya bisa bikin kamu malas pulang.
Ternyata, pantai tak semata-mata berpasir putih, punya pemandangan matahari terbit atau terbenam yang magis serta air laut jernih berwarna biru. Jika tak percaya, datanglah ke Lombok! Mengapa? Karena cuma Lombok yang bisa kasih pantai dengan pesona berbeda-beda!
Di Lombok, kamu bisa menemukan pantai yang dikelilingi bukit-bukit elok, pepohonan yang teduh, ombak berarus tenang atau ganas sekalipun, bahkan pantai berpasir pink! Mau bukti? Berikut lima pantai tersembunyi di Lombok yang masing-masing memiliki pesona tersendiri:

1. Pantai Selong Belanak, pantai paling pas untuk kamu yang ingin belajar berselancar

Pantai Selong Belanak, pantai berpasir putih yang menyerupai bulan sabit di sudut Pulau Lombok (Foto: www.marliollc.com)
Pantai Selong Belanak, pantai berpasir putih yang menyerupai bulan sabit di sudut Pulau Lombok 
Tak banyak pelancong yang tahu tentang Pantai Selong Belanak. Namun, jangan anggap remeh keindahannya. Pantai Selong Belanak berbentuk bulan sabit dan dikelilingi oleh bukit-bukit hijau, yang membuat lanskap pantai ini begitu menakjubkan. Jika ingin bukti, kamu bisa menapaki bukit yang mengitari pantai. Dari atas, kamu akan menyaksikan sendiri panorama pasir putih yang menyerupai bulan sabit ditambah air laut bergradasi hijau kebiruan yang sungguh elok. Sulit untuk tak terpesona oleh pemandangan ini.
Tak hanya punya pemandangan yang menakjubkan, pantai ini juga cocok bagi kamu yang ingin belajar berselancar. Sebab, di sini kamu tak perlu khawatir terjatuh atau menabrak karang saat berselancar karena pantai ini memiliki dasar pasir putih bertekstur halus.
Selain berselancar, kamu juga bisa menikmati olahraga air lainnya, seperti bermain kano, snorkeling, hingga parasailing. Kamu tak perlu khawatir dengan ombak di garis pantai, sebab, objek wisata yang berjarak sekitar 60 kilometer dari Mataram ini memiliki kontur pantai landai, yang bikin ombak tak akan sampai ke tepi pantai. Dengan begitu, kamu bisa menikmati olahraga air atau bermain-main di sepanjang bibir pantai tanpa khawatir terseret ombak.

2. Pantai Mawun, pantai tenang dan sepi dengan panorama alam yang memukau

Keheningan Pantai Mawun, bisa bikin kamu tak mau beranjak dari pantai ini! (Foto: Audrey AK/Flickr)
Keheningan Pantai Mawun, bisa bikin kamu tak mau beranjak dari pantai ini! 
Tak jauh dari Pantai Selong Belanak, terdapat pantai lain yang tak kalah menakjubkan, namanya Pantai Mawun. Meski tak sepopuler Pantai Kuta atau Pantai Senggigi, pantai ini justru memberikan ‘vitamin sea’ yang sebenarnya.

Pantai Mawun tergolong pantai yang sepi dari wisatawan. Kamu bisa berjemur sambil menikmati gradasi laut hijau kebiruan yang memukau, sambil membaca buku, menikmati minuman kelapa muda atau buah nanas segar, atau bermain pasir yang lembut seperti bedak bayi bersama keluarga tercinta. Semuanya bisa kamu lakukan tanpa harus khawatir dengan wisatawan yang membludak dan malah mengganggu momen santaimu ini. Jika khawatir kulitmu terbakar karena sinar matahari, kamu bisa berteduh di bawah pepohonan sepanjang tepi pantai.
Salah satu pemandangan menakjubkan yang akan kamu temukan di perjalanan ke Pantai Mawun (Sumber: Hendrie Oktaviannur)
Salah satu pemandangan menakjubkan yang akan kamu temukan di perjalanan ke Pantai Mawun 
Untuk bisa ke Pantai Mawun, kamu harus menempuh perjalanan hingga satu jam dari Pantai Kuta. Meski jauh, perjalananmu tak akan terasa melelahkan karena kamu akan disuguhkan pemandangan bukit-bukit yang subur, jalan yang mulus, hingga kesederhanaan masyarakat sekitar yang rata-rata bermata pencaharian sebagai peternak atau petani. Inilah nilai lokal yang membuat Lombok berbeda dari daerah lain. Bisa saja, suasana liburan seperti ini bikin kamu sulit move on dan ingin kembali lagi ke Lombok!

3. Pantai Tanjung Aan, pantai berbukit yang semua sudutnya sangat ‘Instagramgenik’


Salah satu sudut wajib bagi pecinta fotografi, ayunan yang berada tepat di depan Sama-Sama Cafe 
Tak jauh dari Pantai Kuta Lombok, terdapat pantai yang sedang digemari para pelancong pecinta fotografi ponsel, yaitu Pantai Tanjung Aan. Bukan tanpa alasan pantai ini ramai diperbincangkan di jejaring sosial, Pantai Tanjung Aan memiliki spotmenarik yang bisa mempercantik album Instagram-mu. Salah satu sudut favorit para pelancong adalah berfoto di ayunan yang berada di pantai. Airnya yang tenang membuatmu tak perlu khawatir terbawa ombak saat bermain ayunan. Selain itu, cobalah menapaki bukit yang ada di tepi pantai dan abadikan foto dari atas bukit dengan panorama pantai yang memesona. Perpaduan warna bukit yang hijau dan laut biru membuatmu tak perlu repot mengedit hasil jepretan dengan ragam aplikasi danfilter foto. Bahkan, pose sesederhana sekadar duduk, berbaring, atau membelakangi kamera dengan latar lanskap pantai pun bisa bikin hasil jepretanmu itu banyak di-likepengguna Instagram lainnya!
Lengkapi album foto Instagram kamu dengan berfoto di atas bukit sekitar Tanjung Aan saat matahari terbenam (Sumber: Hendrie Oktaviannur)
Lengkapi album foto Instagram kamu dengan berfoto di atas bukit sekitar Tanjung Aan saat matahari terbenam 
Sempatkan menikmati matahari terbenam di Tanjung Aan, karena kamu bisa menciptakan foto siluet berlatar matahari keemasan dan panorama pantai yang indah dari atas bukit. Jadi sebelum kemari, ada baiknya kamu mengosongkan memorismartphone-mu, karena Tanjung Aan memiliki banyak spot sunset yang ‘Instagramgenik’, sayang untuk kamu lewatkan.    

4. Pantai Tangsi, pantai dengan pasir berwarna pink



Bosan dengan pantai berpasir putih? Coba mampir ke Pantai Tangsi, pantai berpasir pink! 
Satu lagi pantai yang punya daya tarik tersendiri di Lombok, yaitu Pantai Tangsi. Bagaimana tidak, pantai yang terletak di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur ini punya pasir berwarna pink!

Warna pasir “Pantai Pink” ini tercipta dari butiran pasir putih yang berpadu dengan serpihan karang yang berwarna merah. Warna merah muda tersebut akan terlihat semakin jelas jika terkena terpaan air laut dan bias sinar matahari yang menyinari pantai.
Keindahan pepohonan kering meranggas di sepanjang jalan menemanimu menuju Pantai Tangsi (Foto: www.yulianabq.wordpress.com)
Keindahan pepohonan kering meranggas di sepanjang jalan menemanimu menuju Pantai Tangsi 
Kondisi panas dan gersang justru menambah daya tarik pantai yang berjarak sekitar satu jam dari kota Mataram ini. Ya, kehadiran pepohonan yang kering meranggas menambah keindahan pemandangan sekitar Pantai Tangsi. Jika cuaca cerah, kamu bahkan bisa memandang keindahan Gunung Rinjani dari kejauhan! Membayangkannya saja sudah terasa menakjubkan bukan?

5. Bangko-Bangko, surganya para penantang ombak

Ombaknya yang panjang dan tinggi membuat Pantai Bangko-Bangko menjadi surganya peselancar (Foto: www.yukpiknik.com)
Ombaknya yang panjang dan tinggi membuat Pantai Bangko-Bangko menjadi surganya peselancar 
Satu lagi bukti bahwa Lombok adalah surganya pantai, yaitu Bangko-Bangko. Ketenaran Bangko-Bangko atau Desert Point dengan ombak ganasnya membuat kawasan ini digemari oleh peselancar lokal maupun asing.
Ciri khas Bangko-Bangko terletak pada ombaknya yang panjang dan besar. Hal ini menjadi daya tarik pecinta olahraga air ekstrem yang suka tantangan. Mampu menaklukkan ombak Bangko-Bangko tentu menjadi kepuasan tersendiri bagi para peselancar. Tak heran banyak resor di sekitar pantai yang menawarkan jasa kursus serta peralatan selancar.
Meski terkenal karena keindahan ombaknya, kawasan Bangko-Bangko juga terawat dan bersih. Bagi kamu yang belum mahir berselancar, kamu bisa menikmati aksi peselancar profesional dari tepi pantai yang nyaris tanpa sampah tersebut.
Itulah lima pantai tersembunyi yang buktikan bahwa Lombok adalah surganya pantai. Tak cuma berpasir putih dan air laut berwarna biru, masing-masing pantai tersebut punya pesona dan keunikan tersendiri. Pantai yang bersih, masih alami, dan tak ramai pelancong pasti bikin kamu betah berlama-lama di sana.
Kamu bisa mengunjungi pantai-pantai tersembunyi di Lombok ini dengan biaya yang relatif terjangkau. Rata-rata pantai ini memungut retribusi atau biaya masuk sebesar Rp10.000 per mobil, sudah termasuk seluruh penumpang. Biaya ini digunakan untuk merawat pantai agar selalu bersih dan nyaman untuk dikunjungi.

Lalu, bagaimana dengan biaya tiket pesawat ke Lombok? Tak usah khawatir, dari Jakarta misalnya, kamu bisa terbang ke Lombok mulai dari Rp577.000! Buruan, buktikan sendiri keindahan pantai di Lombok sekarang juga!

0 komentar :

Posting Komentar