Trip Ke Surga Terpencil Sukabumi

Kota Sukabumi, satu-satunya wilayah terkecil yang ada di Jawa Barat. Banyak orang yang mengakui bahwa Sukabumi memiliki spot wisata pantai yang apik. Dibalik itu, ternyata Sukabumi menyimpan spot wisata air terjun yang tak kalah indah seperti di Bogor. Berikut ini daftar wisata air terjun di Sukabumi yang wajib kalian datangi.

Curug Cikaso, Curug Cigangsa, dan Curug Cikanteh adalah empat curug yang akan membuat kalian jatuh cinta pada pandangan pertama. Panorama di keempat curug ini dijamin akan memukau mata kalian. Kalian pun akan betah berlama-lama bermain air dan menikmati sejuknya alam disana. Sukabumi bukan hanya terkenal karena jalannya yang berkelok, surga wisatanya pun tak kalah mempesona.

Dayung Sampan Menuju Curug Cikaso

Click here to see a large version

Curug Cikaso berjarak 8 km dari Surade, Sukabumi ini memiliki keindahan yang memuakau mata kalian. Warna airnya yang hijau kebiru-biruan akan menghipnotis kalian untuk segera menikmati segarnya bermain air disana. Curug Cikaso mengalir dari anak sungai Cicurug, dan terbentuk dari tiga titik air terjun yang berdampingan.

Warga sekitar menyebutnya Curug Asepan, Curug Meong dan Curug Aki. Ketiga titik inilah yang membentuk Curug Cikaso, ketiga-tiganya memiliki ketinggian air mencapai 80 meter dan memiliki lebar tebing 100 meter. Kalian bisa bayangkan betapa besar dan tingginya ciptaan tuhan yang indah ini kan?

Butiran-butiran air dari Curug Cikaso selama bertahun-tahun ini membentuk kolam cantik dengan air yang berwarna hijau kebiru-biruan. Sayang sekali kalau kalian tidak mencoba bermain air di Curug Cikaso. Penasaran ingin melihat pemandangan yang lebih indah lagi di Curug Cikaso? Datanglah ke curug ini dipagi hari saat matahari terbit, karena kalian akan disuguhkan pemandangan yang luar biasa cantik. Pantulan cahaya matahari yang membiasi butiran lembut air Curug Cikaso akan membentuk pelangi kecil.

Click here to see a large version

Air yang mengalir dari Curug Cikaso ini langsung bermuara ke Muara Tegal Buleud, karena memang lokasinya yang berada di pesisir. Kalian bisa bayangkan betapa nikmat dan segarnya bermain air di Curug Cikaso ditengah teriknya suasana pesisir. Curug yang bertempat di Kampung Cinti, Desa Cibitung, Sukabumi ini memang cukup sulit untuk dicapai.

Karena Jalan yang harus kalian tempuh melewati kondisi jalan yang rusak, curam, tikungan tajam dan tanjakan. Namun ini semua akan terbayar ketika kalian sampai di Curug Cikaso. Untuk masuk Curug Cikaso kalian hanya perlu membayar sebesar Rp3.000untuk parkir dan Rp10.000 perorang untuk tarif sampan yang mengantarkan kalian tepat sampai Curug Cikaso.



Sebelum sampai ke Curug Cikaso kalian akan menyusuri sungai Cikaso terlebih dahulu menggunakan sampan. Sambil menikmati indahnya pepohonan yang terhampar disepanjang bibir sungai. Airnya yang jernih dan suasana yang sejuk ditemasni dengan suara burung yang ada disekitar, akan menambah liburan anda semakin rileks dan menyenangkan.

Curug Cigangsa tempat Bersembunyi Para Pejuang Kemerdekaan



Curug Cigangsa berasal dari nama seorang bapak tua yang sering dipanggil ‘Eyang Gangsa’. Curug ini hanya berjarak 10 km dari Curug Cikaso, dan memiliki tiga tingkatan. Curug Cigangsa memiliki debit air yang kecil, dikarenakan di hulu curug ini airnya di bendung warga untuk keperluan irigasi. Tetapi tetap saja jika musim hujan datang debit air disini deras, dan kalian perlu ekstra waspada.

Tidak seperti Curug Cikaso yang pemberitahuan arahnya tertempel di setiap sudut kota Surade. Untuk mencapai Curug Cigangsa memang agak lebih sulit jika kita tidak rajin bertanya dengan warga sekitar. Karena kalian harus melalui pemukiman warga, sawah-sawah, bibir sungai barulah sampai ke Curug Cigangsa.

Click here to see a large version

Untuk masuk Curug Cigangsa ini, kalian hanya akan dikenakan biaya Rp3.000, murahkan? Dengan begitu kalian bisa menikmati keindahan Curug Cigangsa. Menurut warga sekitar Curug Cigangsa dahulunya adalah tempat bersembunyinya para pejuang kemerdekaan dari para penjajah Belanda.

Curug ini terletak di Dusun Batusuhunan, Desa Surade, Sukabumi. Curug Cigangsa memiliki tekstur batuan yang warnanya unik, yaitu warna hitam. Menurut para peneliti, kemungkinan dahulu Curug Cigangsa ini terbentuk akibat gempa. Karena dipermukaan atas Curug Cigangsa ini memiliki batu datar, warga sekitar menamakan batu tersebut sebagai ‘Batu Masigit’.

Click here to see a large version

Curug Cigangsa ini juga memiliki pemandangan yang tak kalah memukau seperti di Curug Cikaso. Kalian akan dibuat ternganga melihat butiran-butiran air yang jatuh dari Curug Cigangsa ini.

0 komentar :

Posting Komentar