KEINDAHAN PULAU - PULAU DERAWAN


Tak diragukan lagi, pesona Kepulauan Derawan telah memikat hati wisatawan lokal dan mancanegara. Kepulauan yang terletak di kawasan Kalimantan Timur ini memang terkenal dengan keindahan alam bawah laut dan lanskap alam — termasuk pantainya.

Di kawasan ini, terdapat empat pulau cantik yang menjadi favorit, yaitu Sangalaki, Bilang-bilangan, Kakaban, dan Maratua. Keempatnya menyajikan keunikan tersendiri yang bakal membuatmu tak kehabisan aktivitas untuk menikmatinya. Kamu bisa berenang bareng ubur-ubur jinak di Danau Kakaban, menyaksikan penyu-penyu bertelur di Pulau Bilang-bilangan, ataupun bersantai menikmati kombinasi menakjubkan dari panorama pantai pasir putih dan laut birunya. Agar kamu bisa mengenal empat pulau ini lebih baik, simak ulasan berikut ini:

Pulau Sangalaki

Tak hanya keindahan alam bawah lautnya yang memukau, rumah panggung warna-warni ini pun bisa jadi objek cantik untuk fotomu. (Sumber: Shutterstock)

Perairan Pulau Sangalaki diberkahi dengan puluhan titik selam yang pasti membuat penyelam enggan beranjak. Beberapa yang populer di antaranya: Manta Avenue, Manta Run, Penyu Town, dan Lighthouse Reef. Para penyelam menyukai bagaimana mereka bisa berinteraksi dengan manta atau ikan pari di dalam air. Tak hanya manta, kamu pun bisa berenang bersama beragam jenis ikan warna-warni lainnya.

Sepanjang tahun, temperatur dan jarak pandang di perairan ini selalu ideal untuk kegiatan menyelam. Tapi jika ingin lebih leluasa berinteraksi dengan manta dan penyu, kamu bisa memilih waktu menyelam saat bulan purnama.

Pulau Bilang-bilangan

Traveling tidak melulu tentang jalan-jalan, foto-foto, dan wisata kuliner. Kamu bisa membuat liburan di Kepulauan Derawan lebih seru dan berkesan dengan ikut berperan dalam menjaga keberlangsungan hidup penyu di sana. Salah satu kawasan yang menjadi lokasi favorit penyu untuk bertelur adalah Pulau Bilang-bilangan, sebuah pulau tanpa penghuni.

Kamu bisa dengan mudah menemukan komunitas pecinta lingkungan yang melakukan operasi keliling pulau untuk menjaga keamanan dan keselamatan penyu. Salah satu yang cukup populer adalah Pro Fauna. Kamu bisa menghubungi mereka untuk tahu jadwal operasi dan ikut bergabung. Puncak masa berkembang biak penyu-penyu ini adalah antara bulan Juli – Oktober.

Pulau Kakaban

Jembatan yang terbentang di atas Danau Kakaban. (Sumber: Shutterstock)Jembatan yang terbentang di atas Danau Kakaban. (Sumber: Shutterstock)

Tak berpenghuni dan memiliki keindahan alam yang luar biasa, Pulau Kakaban lebih dari layak untuk dikunjungi. Salah satu daya tarik yang menonjol dari pulau ini adalah Danau Kakaban. Merupakan danau prasejarah, danau ini terbentuk dari air laut yang terperangkap lebih dari dua juta tahun yang lalu, ditambah air dari dalam tanah dan air hujan.

Terjun ke danau dan bersiaplah disambut ratusan ubur-ubur jinak di kedalaman airnya. Tak seperti ubur-ubur pada umumnya, ubur-ubur di Danau Kakaban tidak berbahaya jika disentuh. Jika tak ingin menceburkan diri ke dalam air, kamu bisa duduk dan menikmati keindahan danau dari atas jembatan yang terpancang membelah danau. Celupkan kakimu ke dalam air dan tunggu sampai ikan-ikan kecil mendatangi kakimu dan bermain-main di sana.

Pulau Maratua

Sulit untuk tidak berdecak kagum saat menyaksikan keindahan luar biasa ini. (Sumber: Shutterstock)Sulit untuk tidak berdecak kagum saat menyaksikan keindahan luar biasa ini. (Sumber: Shutterstock)

Ingin menyelam sekaligus berbincang dengan penduduk setempat? Datang saja ke Pulau Maratua. Pulau yang dihuni oleh suku Bajau ini menjadi salah satu lokasi menyelam terbaik di dunia. Tak terhitung banyaknya penyelam amatir dan profesional yang menyaksikan sendiri keindahan alam bawah lautnya. Menyelam di perairan Maratua, artinya kamu bisa bebas berinteraksi dengan banyak biota laut seperti lobster, kuda laut, belut laut dan banyak lagi.

Tak menyelam pun tak masalah. Kamu masih bisa menikmati keindahan pulau ini tanpa celah. Penduduk setempat biasa menyewakan perahunya untuk mengantarmu ke tengah laut agar bisa menyaksikan keindahan dari sisi yang berbeda.  Terlalu malas bergerak? Duduk saja di tepi pantai dengan ditemani buah kelapa segar, jangan lupa bawa buku favoritmu. Kapan lagi bisa menikmati suasana tenang, semilir angin pantai menerpa wajahmu dan aroma laut yang sulit kamu temui di perkotaan?

Kepulauan Derawan adalah bukti bahwa alam Indonesia layak menjadi primadona dan perhatian dunia. Sadar akan potensi alam yang dimilikinya, pembangunan berbagai fasilitas pun mulai digencarkan, termasuk penginapan untuk kenyamanan wisatawan. Jadi, kapan berkemas dan berangkat ke Kepulauan Derawan.

0 komentar :

Posting Komentar