Petualangan Seru Jelajahi Green Canyon Indonesia

Click here to see a large versionCiamis adalah nama salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Barat. Hampir sebagian besar wilayah Kabupaten Ciamis berupa dataran tinggi dan sebagian kecil di timur Kabupaten Ciamis adalah pesisir. Inilah yang membuat Ciamis terkenal dengan wisata alamnya yang menawan. Mulai dari Teluk Pangandaran, Teluk Parigi, Teluk Panunjuk hingga wisata air terjun Cukang Taneuh atau lebih dikenal dengan sebutan Green Canyon Ciamis.

Julukan Green Canyon pertama kali dipopulerkan oleh seorang turis yang berasal dari Perancis, namanya adalah Bill John. Sedangkan warga sekitar sendiri sering menyebutnya Cukang Taneuh yang berarti Jembatan Tanah. Di tempat inilah kalian dapat merasakan wisata alam dengan pemandangan sekelas dengan Grand Canyon di Amerika. Yuk, Kita intip keseruan Wisata Green Canyon di Ciamis!

Sejarah Green Canyon di Ciamis



Green Canyon atau warga sekitar menyebutnya dengan nama Cukang Taneuh ini terletak di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang tepatnya 31 km kearah selatan dari Pantai Pangandaran. Menurut warga sekitar arti nama dari Cukang Taneuh pun memiliki sejarah. Cukang berarti jembatan dan Taneuh berarti tanah. Ini maksudnya adalah Jembatan yang terbuat dari tanah, alam yang memprosesnya sehingga membentuk jembatan dengan tekstur jembatan yang terbuat dari stalaknit dan stalakmit.

Click here to see a large version

Green Canyon sebenarnya sudah dirintis menjadi obyek wisata air sejak tahun 1990, dengan tanda pembangunan dermaga yang terletak di kampung Cisereuh, dusun Karangpaci, Desa kertayasa. Kini obyek wisata Cukang taneuh atau Green Canyon ini semakin berkembang pesat, fasilitasnya pun sudah di sediakan lengkap. Seperti toilet umum, ruang ganti, saung santai, musholla, dll. Untuk menjelajah Green Canyon Ciamis kalian harus menempuh perjalanan dengan perahu sekitar 30-45 menit. Hingga bertemu dengan aliran sungai yang berwarna biru kehijau-hijauan.

Menjelajah Pancuran Emas dan Batu Payung Di Green Canyon Ciamis.



Melihat Green Canyon dari kejauhan akan terlihat seperti mulut gua yang dihiasi dengan lembah hijau yang cantik. Jika kita menjelajah Green Canyon, tepat dibawah stalakmit dan stalaknit yang membentuk jembatan itu terdapat pemberhentian perahu sebelum memasuki kawasan air terjun. Warga sekitar menyebut air terjun tersebut dengan sebutan Pancuran Emas. Ini karena diwaktu tertentu air yang berwarna kecoklatan tertimpa cahaya matahari akn memantulkan cahaya seperti emas yang berkilau.



Selain Pancuran adapula Batu Payung, yaitu batu yang berbentuk seperti payung. Jika kalian berani, kalian bisa terjun bebas dan melompat dari batu payung ini. Batu Payung adalah spot favorit para wisatawan untuk menguji adrenalin mereka dengan lompat terjun bebas ke sungai. Tentu saja jika kalian ingin terjun bebas ke sungai, kalianpun tetap dalam pengawasan para pemandu.

Green Canyon Adalah Bukti Lukisan Hijau Sang Pencipta Alam Semesta

Click here to see a large version

Sejauh mata memandang kalian akan di hipnotis dengan suasana yang begitu hijau dan asri khas dari Green Canyon. Membelah sungai yang biru kehijauan dan dan menikmati keindahan stalaknit dan stalakmit. Kalian bisa berenang dan berpetualang sepuasnya di Green Canyon Ciamis ini. Tak perlu khawatir dengan keamanan disana, karena kalian akan diawasi dengan pemandu-pemandu yang handal.

Perjalanan kalian akan terus dilakukan melintasi cekungan dinding terjal di kanan kiri. Kalian akan melihat sendiri betapa luar biasa indahnya tebing yang menjulang tinggi itu. Tak hanya itu bagi kalian yang hobi menyelam, inilah tempat yang tepat untuk kalian datangi. Di aliran sungai ini kalian bisa menjelajahi dasar sungai yang menakjubkan.

0 komentar :

Posting Komentar