Liburan Ke 3 Pulau di Kepulauan Seribu







Tampak Pulau Onrust di kejauhandetikTravel Community -  
Mau liburan ke pantai tapi hanya punya waktu sehari? Kepulauan Seribu di utara Jakarta dapat menjadi solusinya. Cukup sehari, traveler bisa liburan ke tiga pulau di sana.

Bagi pecinta pantai dengan jadwal libur terbatas, maka trip ini cocok untuk Anda. Apalagi menghilangkan stres akibat pekerjaan kantor yang menumpuk dan tak pernah ada habisnya.

Untuk mencapai 3 pulau tersebut anda bisa menaiki perahu nelayan dari Pelabuhan Muara Kamal, dekat dengan markas stadion salah satu klub sepakbola Persitara. Satu orang biasa dikenakan tiket Rp 50 ribu untuk  perjalanan 3 pulau sekaligus. Dan tiket masuk pulau masing-masing di kenakan Rp 5 ribu rupiah.

Usahakan perjalanan di mulai pagi hari untuk mendapat udara yang segar dan menghindari keramaian karena banyaknya pengunjung.

Kita mulai perjalanan trip kali ini dari Pulau Kelor. Pulau Kelor dahulu dikenal dengan nama Pulau Kherkof, merupakan pulau yang berada pada gugusan Kepulauan Seribu. Secara administratif termasuk dalam wilayah Kabupaten Kepulauan Seribu provinsi DKI Jakarta.

Pulau Kelor terletak berdekatan dengan gugusan yang sama dengan Pulau Petondan Besar, Pulau Petondan Kecil, Pulau Kelapa, Pulau Onrust dan Pulau Bidadari. Di pulau ini terdapat peninggalan Belanda berupa galangan kapal dan benteng yang dibangun VOC untuk menghadapi serangan Portugis di abad ke-17.

Di sini juga terdapat kuburan Kapal Tujuh atau Sevent Provincien serta awak kapal berbangsa Indonesia yang memberontak dan akhirnya gugur di tangan Belanda.

Lanjut kita ke Pulau Cipir. Pulau Kahyangan (disebut juga Pulau Cipir atau Pulau Kuipir) merupakan salah satu pulau yang terletak di Kepulauan Seribu. Pulau ini termasuk dalam wilayah administratif kelurahan Pulau Untung Jawa, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Kepulauan Seribu, provinsi DKI Jakarta.
Pulau ini sudah mulai ditata untuk tujuan wisata. Dan di pulau ini ada bekas barak karantina haji pada zaman dahulu.

Dan tujuan terakhir, Pulau Onrust. Pulau Onrust merupakan salah satu pulau di Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta, yang letaknya berdekatan dengan Pulau Bidadari. Pada masa kolonial Belanda, rakyat sekitar menyebut pulau ini adalah Pulau Kapal, karena di pulau ini sering sekali dikunjungi kapal-kapal Belanda sebelum menuju Batavia.

Di dalam pulau ini terdapat banyak peninggalan arkeologi pada masa kolonial Belanda dan juga sebuah rumah yang masih utuh dan dijadikan Museum Pulau Onrust. Nama 'Onrust' sendiri diambil dari bahasa Belanda yang berarti 'Tidak Pernah Beristirahat' atau dalam bahasa Inggrisnya adalah 'Unrest'.

Ada sumber lain yang mengatakan bahwa nama Onrust tersebut diambil dari nama penghuni pulau yang masih keturunan bangsawan Belanda, yaitu Baas Onrust Cornelis van der Walck.

Di pulau ini terdapat beberapa situs bersejarah, seperti bekas galangan kapal, kuburan belanda , dan reruntuhan bekas barrak karantina haji. Dan yang wajib Anda kunjungi adalah museum arkeologi yang ada tepat di tengah pulau.

Butuh liburan dengan waktu singkat? Yuuuk agendakan one day trip ke tiga pulau di atas.

0 komentar :

Posting Komentar