Tak Usah ke Thailand, Indonesia Juga Punya 5 Patung Buddha Tidur

Mojokerto - Traveler mungkin pernah melihat patung Buddha Tidur di Thailand. Tapi tidak usah jauh-jauh ke sana, Indonesia juga punya 5 patung Buddha tidur.

Patung Buddha tidur merupakan ikon dari Kuil Wat Pho di Bangkok, namun di Indonesia juga ada. Dikumpulkan detikTravel dari berbagai sumber, Kamis (21/4/2016) berikut 5 tempat di Indonesia yang memiliki patung Buddha tidur:

1. Vihara Buddha Dharma 8 Pho Sat, Bogor

(Kurnia/detikTravel)
Bagi traveler yang tinggal di ibukota Jakarta, patung Buddha tidur yang terdekat berada di Bogor. Patung tersebut ada di dalam Vihara Buddha Dharma 8 Pho Sat di Desa Tonjong, Kecamatan Tajur Halang, Kabupaten Bogor.

Sejarahnya vihara tersebut dibangun tahun 2005, namun tanpa patung Buddha tidur. Pada tahun 2010, barulah patung Buddha tidur dibangun atas prakarsa seorang pengurus Vihara bernama Andy Suwanto Dhanujaya atau Ade yang mendapat wangsit untuk mendirikan patung.

Patung Buddha tidur tersebut dibangun sepanjang 18 meter dengan tinggi 3,75 meter. Sedangkan panjang dipan di bawah patung mencapai 22 meter. Pada patung ini, Buddha digambarkan sedang menggunakan pakaian berwarna emas dengan lambang Swastika di dadanya.

Traveler pun diperbolehkan untuk melihat atau memotret, asal berlaku sopan dan sebisa mungkin posisi memotret tidak membelakangi Buddha serta menutupi bagian kepala Buddha. Vihara buka setiap hari dari pukul 07.00 hingga 22.00 WIB. Biaya masuknya pun gratis.

2. Vihara Buddhagaya Watugong, Semarang

(Kurnia/detikTravel)
Semarang mempunyai banyak pilihan tempat wisata religi. Salah satu tempat yang sayang untuk dilewatkan adalah Vihara Buddhagaya Watugong. Selain memiliki pagoda, wisatawan juga bisa melihat patung Buddha tidur di vihara ini.

Patung Buddha tidur atau Buddha Parinibbana ini dibuat pada masa awal berdirinya vihara, yaitu sekitar tahun 1950-an. Posisi patung menggambarkan Sang Buddha Parinibbana dalam posisi tidur di bawah dua pohon sala. Di bagian depan patung ada tempat untuk berdoa.

Sehari-harinya Patung Buddha tidur ini pun ramai dihampiri pengunjung yang wisata religi ke Vihara Buddhagaya Watugong. Vihara Buddhagaya Watugong buka setiap hari pukul 07.00-21.00 WIB. Tidak ada biaya masuk, tapi silahkan saja jika ingin memberikan donasi berupa sumbangan.

3. Maha Vihara Mojopahit, Mojokerto

(Dhianna Puspitasari/d'Traveler)
Mojokerto dikenal dengan situs sejarah peninggalan Kerajaan Majapahit di Trowulan. Tapi selain itu, terdapat juga patung Buddha tidur di Maha Vihara Mojopahit di jalan Candi Brahu Gang I, Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto.

Patung yang dibuat pada tahun 2001 ini diakui sebagai salah satu patung Buddha tidur paling besar di Asia. Patung tersebut memiliki panjang 22 meter dengan lebar 6 meter dan tinggi 4,5 meter, urutan ketiga terbesar setelah Thailand dan Nepal.

Patung Buddha Tidur dicat emas mengkilat menggambarkan wafatnya Siddharta Gautama. Patung juga dibuat menghadap ke arah selatan yang dianggap kiblatnya umat Buddha. Dijamin, setiap umat maupun wisatawan yang datang akan tersihir dengan kemegahannya.

4. Vihara Dhammadipa Arama, Batu

(Padepokan Dhammadipa Arama/Facebook)
Selain Maha Vihara Mojopahit di Mojokerto, Jawa Timur masih punya satu lagi patung Buddha tidur di Batu. Berlokasi di dalam Vihara Dhammadipa Arama, traveler bisa melihat Patung Buddha tidur yang tak kalah megahnya dengan yang ada di Mojokerto.

Vihara Dhammadipa atau biasa disebut Padepokan Dhammadipa Arama biasa dijadikan sebagai tempat meditasi umat. Selain itu, vihara ini juga memiliki replika Pagoda Shwedagon yang ada di Myanmar. Jika masuk ke dalam, Anda bisa melihat ada banyak patung sang Buddha.

Jika berjalan terus ke arah belakang padepokan, ada satu pemandangan menakjubkan yang bisa turis lihat, patung Buddha tidur. Sama seperti yang ada di Maha Vihara Mojopahit, patung Buddha tidur di Batu juga dicat emas.

Pokoknya benar-benar tampak istimewa dan megah. Berhubung tidak semua vihara memiliki patung Buddha tidur, jadi pastikan Anda datang ke Vihara Dhammadipa saat berkunjung ke Batu!

5. Vihara Dharma Giri, Bali

(Vihara Dharma Giri/Facebook)
Walau didominasi oleh umat Hindu, namun Bali juga memiliki Vihara Dharma Giri yang merupakan satu-satunya di Jalan Raya Pupuhan, Tabanan. Awalnya vihara tersebut merupakan tempat ibadah, namun berubah jadi tempat wisata setelah hadir patung Buddha tidur.

Menariknya, patung Buddha tidur tersebut dapat traveler lihat di area pelataran vihara. Siapa pun diperkenankan masuk untuk melihat patung Buddha tidur secara cuma-cuma.

Namun berhubung ini adalah rumah ibadah, traveler diharuskan berpakaian tertutup dan tidak mengumbar aurat. Namun jika sudah terlanjur, disediakan kain di ruang masuk yang dapat dipakai untuk menutup diri.

Ternyata Indonesia memiliki banyak patung Buddha tidur yang tidak kalah keren dengan di Thailand. Jadi bagi Anda yang ingin melihatnya, cukup datang ke salah satu dari lima tempat di atas ya!

0 komentar :

Posting Komentar