Liburan ke Singapura, Ini 5 Tips Naik MRT

Singapura - MRT jadi salah satu transportasi paling bersahabat di Singapura. Eits, ada tips dan info penting untuk naik transportasi umum yang satu ini lho!

Menjangkau banyak tempat, harga yang terjangkau dan hemat waktu jadi alasan kenapa banyak traveler memilih MRT (Mass Rapid Transit) untuk keliling Singapura. Namun ada beberapa tips penting yang bisa kamu intip agar keliling dengan MRT bisa lebih mulus.

Diterima detikTravel, Selasa (31/6/2016) dari Singapore Tourism Board, berikut tips mantap untuk naik MRT di Singapura:

1. Jam operasi MRT saat musim liburan bisa diperpanjang

Biasanya, MRT beroperasi setiap hari dari pukul 05.30 sampai tengah malam. Asyiknya, jam operasional transportasi umum ini bisa diperpanjang terutama saat musim liburan. Sehingga traveler pun bisa lebih nyaman liburan keliling kota.

Ada beberapa jam sibuk yang harus kamu perhatikan. Yaitu saat pukul 07.00-09.00 dan 17.00-19.00 waktu setempat. Nah, pada saat jam sibuk tersebut, MRT tiba setiap dua atau tiga menit sekali.

2. Pecahan uang terbesar untuk beli tiket adalah 5 SGD

Saat ingin membeli tiket MRT, kamu harus ke General Ticket Machine. Mesin ini akan mengeluarkan tiket tujuan kamu. Hanya saja, mesin ini hanya menerima pecahan paling besar yaitu 5 SGD. Di atas itu, mesin ini tak mau memproses pembelian tiket.

Tapi tak perlu kuatir. Karena ada loket Passanger Service yang bisa didatangi jika kamu tak punya pecahan kecil. Di sana, kamu bisa menukar uang ke pecahan yang lebih kecil.

3. Belajar rute MRT

Karena stasiun MRT yang biasanya padat dan sibuk, ada baiknya kamu mempelajari rute MRT terlebih dahulu. Ini penting agar kamu bisa tepat membeli tiket dan tahu di mana stasiun tujuan.

Sehingga kamu tak terlalu lama berada di mesin pembelian tiket dan membuat antrean makin panjang. Peta MRT ada di setiap stasiun. Kamu bisa mengintip ke sana sebelum memastikan beli tiket ke mana.

4. Ingin ringkas, beli saja Singapore Tourist Pass

Mungkin satu hari itu kamu tak hanya naik MRT saja. Mungkin ingin naik bus juga. Untuk itu, tersedia pilihan Singapore Tourist Pass.

Kartu ini bisa digunakan untuk naik kereta atau bus. Ada 3 pilihan harga yaitu SGD 18 untuk sehari, SGD 26 untuk 2 hari dan SGD 34 untuk 3 hari. Di mana harga tersebut termasuk deposit SGD 8 atau 10 yang akan dikembalikan di akhir pemakaian.

5. Tidak boleh makan atau minum

Demi keamanan dan kenyamanan sesama, tidak diperbolehkan makan atau minum selama berada di MRT. Peraturan ini ketat. Sehingga kamu tak bisa main-main dengan peraturan yang satu ini.

Di setiap stasiun tersedia vending machine yang bisa digunakan traveler. Kamu bisa membeli minuman atau camilan yang bisa disimpan di tas selama berada di MRT.

0 komentar :

Posting Komentar