5 Tips Liburan Usai Lebaran

Jakarta - Saat Lebaran, semua destinasi wisata penuh sesak. Kalau mau lebih nyaman, enaknya memang liburan setelah Lebaran. Ada sejumlah tips untuk mempersiapkannya.

Hari Raya Idul Fitri menjadi momen yang dinantikan masyarakat Indonesia. Semua orang berlibur bersama dan menimbulkan kepadatan.

Jika ingin menikmati destinasi, enaknya memang liburan setelah Lebaran. Oleh karena itu detikTravel, Kamis (14/7/2016) akan memberikan tips liburan setelah Lebaran agar tetap asyik!

1. Memilih destinasi yang melawan arus

Usai Lebaran, semua orang kembali ke Jakarta dan kota-kota besar lainnya. Kemacetan saat arus balik bisa mengganggu rencana liburan. Oleh karena itu carilah destinasi yang melawan arus balik.

Sebagai contoh, kalau Anda tinggal di Bandung, jangan mencari destinasi ke arah Jakarta karena akan terkena arus balik. Carilah destinasi ke Garut atau Cirebon, sehingga Anda berada di jalur sebaliknya dari arus balik dan pasti lebih lancar.

2. Tidak harus jauh-jauh dari kota asal

Pergi berwisata usai Lebaran bisa kemana saja, tidak harus ke destinasi favorit. Yang penting lokasinya tidak jauh dari tempat domisili. Bukan apa-apa, ini untuk menyiasati kondisi fisik yang belum pulih betul usai mudik Lebaran, selain juga menghindari jebakan macet arus balik.

Jika tinggal di Jakarta, tidak ada salahnya untuk pergi ke kebun binatang Ragunan atau tempat bersejarah seperti Kota Tua, siapa tahu banyak hal yang belum pernah dilihat sebelumnya. Saat ini juga semakin banyak kota yang memiliki taman keren dan tentunya sangat seru untuk dikunjungi.

3. Berwisata ke tempat baru atau yang belum sempat dikunjungi

Punya beberapa daftar tempat yang ingin dikunjungi, namun belum sempat untuk didatangi saat libur Lebaran? Mungkin setelah Lebaran jawabannya.

Bisa saja tempat tersebut sangat ramai ketika waktu libur Lebaran, sehingga traveler tidak leluasa untuk berwisata. Usai libur Lebaran kamu bisa berkunjung dengan nyaman dan dapat melakukan banyak kegiatan dengan waktu yang lebih fleksibel karena sudah lebih sepi dari pada puncak libur Lebaran.

4. Lebih baik di tengah minggu

Untuk pergi berwisata usai Lebaran, jangan lupa untuk memperhatikan waktu berkunjung. Ada baiknya untuk berkunjung di saat pertengahan minggu karena suasana libur Lebaran yang masih terasa namun sudah tidak terlalu ramai.

Jika berkunjung di akhir minggu ini, itu adalah waktu penghabisan liburan anak sekolah. Objek wisata pasti akan ramai kembali. Perhatikan juga jam keberangkatan dan pulang yang mungkin berbarengan dengan orang berangkat dan pulang kerja.

5. Hindari jam makan jika ingin berwisata kuliner

Berwisata tidak hanya mengunjungi sebuah tempat, namun juga dapat mencicipi kuliner khas. Khususnya di Indonesia, setiap daerah memiliki kuliner khasnya masing-masing.

Biasanya juga terdapat kuliner khas yang selalu ramai karena sudah melegenda dan terkenal rasanya hingga keluar kota. Untuk menghindari berdesak-desakan apalagi kehabisan makanan, ada baiknya untuk datang di luar jam makan.

Biasanya keramaian juga timbul karena banyak orang memuaskan diri berwisata kuliner setelah berpuasa selama sebulan sehingga merindukan makanannya. Terlebih jika destinasi tujuan hanya menjual makanan berat, akan jauh lebih ramai di jam makan utama, yaitu pagi, siang dan malam.

0 komentar :

Posting Komentar